VISIT ATJEH 2016 WELCOME TO OUR WEBSITE, JOINT US NOW

Jumat, 22 Maret 2013

Daftar Kebutuhan Alat-Alat Teknisi

Daftar Kebutuhan Alat-Alat Teknisi Komputer & Printer di Sebuah Universitas/Institut/Sekolah Tinggi


Peralatan komputer merupakan senjata utama yang wajib dimiliki seorang teknisi komputer. Sebagaimana yang telah kita ketahui profesi sebagai teknisi komputer memang baik di mata masyrakat beberapa waktu terakhir ini. Hal ini dikarenakan, prospek yang sangat cerah untuk profesi ini dan masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai komputer. Sehingga seorang teknisi komputer dapat dikatakan sebagai IT Maintenance.

Sekarang ane coba berbagi pengalaman mengenai kebutuhan tools atau Software kecil yang biasa digunakan oleh seorang teknisi atau administrator, maksudnya biar seorang teknisi atau administrator lebih mudah dalam hal pengelolaan dan maintenance sistem dan infrastruktur yang dibuatnya. apalagi klo teknisinya sendirian seperti yang ane rasakan saat ini.

Seperti yang kita ketahui yang namanya teknisi memang bisa dikatakan tanggung jawabnya besar, dan pekerjaannya pun gampang-gampang susah bener gak? (he..he.. tapi itu menurut ane sich yang jelas pekerjaannya disamping menangani user juga menangani masalah infrastruktur jaringan, internet, masalah hardware, peng-install-an dan lain-lain, pokonya segala hal yang berhubungan dengan komputer 'n printer. Nah untuk menangani hal-hal semacam ini kita seorang teknisi harus rajin-rajin mencari Tools yang dapat mempermudah pekerjaannya, banyak sekali Tools gratis dan berbayar di internet, tinggal kitanya aja, lebih enaknya menggunakan yang mana.

Kebetulan selama ane menjadi teknisi di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, diantara banyak peralatan baik berupa hardware maupun software yang selalu ane gunakan adalah sebagai berikut :
1) Software untuk Memperbaik Komputer
Software ini merupakan alat yang sangat penting dan juga mendasar untuk profesi ini. Kebanyakan kerusakan komputer yang terjadi, disebabkan oleh viris, mallware, dan juga yang lainnya, sehingga dapat merusak sistem operasi atau software yang ada di dalam komputer. Untuk memperbaikinya Anda memerlukan software untuk mendiagnosa dan memperbaiki komputer Anda, sebagai contoh CD Antivirus, CD Installer Windows (kalau bisa sih yang Original ya), Ultimate Boot CD, DVD Driverpack Solution, Rescue CD, dan lain lain.

 2) Hand Tools & Perlengkapan Komputer - Printer
Kotak yang berisi peralatan seperti tang, obeng, pinset, Multimeter, Kuas pembersih, Sikat kecil, Solder + Timah, Penyedot Timah, Contact Cleaner, Masker, Sarung Tangan, Alkohol dan sebagainya ini sangat besar manfaatnya untuk membantu Anda dalam memperbaiki komputer-Printer. Sementara itu perlengkapan komputer yang Anda perlukan untuk membantu Anda dalam menservis komputer  adalah Sound Card, LAN Card, VGA CARD, hardisk external, kabel SATA, Portable CD/DVD ROM, dan lain lain.


3) Alat Pembersih Debu
Memang alat pembersih debu ini sekilas memiliki fungsi kurang menonjol, akan tetapi komputer Anda sangat memerlukan alat ini untuk membersihkan debu yang menempel pada komponen. Debu debu yang menempel pada setiap komponen atau hardware Anda dapat menjadikan performa komputer Anda menurun, berikut contoh-contoh alat pembersih debu :

   a. Kuas
      Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang tertinggal dalam periferal.Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi pada monitor serta dapat juga digunakan untuk membersihkan bola mouse yang sudah mulai lambat untuk mouse lama.

  b. Penyedot Debu Mini
      Penyedot debu mini hampir sama denngan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu.Namun Penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam.Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan keybord,fentilasi udara pada monitor dan pada fan atau kipas,bahkan sangat baik digunakan untuk membersihkan rangkaian motherboard.

  c. Kain Kering dan Cairan Pembersih
     Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink,tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering.Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantar arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan arus pendek atau kerusakan pada periferal.Tisu juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada cartridge printer injek,karena sifatnya yang mudah menyerap cairan.Sedangkan cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering.

Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan postingan ini, komentar yang bersifat membangun sangat ane harapkan dari agan-agan semua.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, Jangan lupa klick "Like/Suka" di Fanpage facebook di sudut kanan bawah. Thanks ..!!!




FasaPay Online Payment System Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !