VISIT ATJEH 2016 WELCOME TO OUR WEBSITE, JOINT US NOW

Jumat, 28 Desember 2012

Cara Membuat Dual Boot Windows 7 dan Windows 8

Membuat dual boot Windows 7 dengan Windows 8 merupakan pilihan bagi anda yang ingin mencoba windows 8 tanpa harus menghapus OS windows 7 yang sudah anda miliki, dengan tutorial yang akan saya share disini memungkinkan anda memiliki windows 7 dan windows 8 dalam satu komputer.

Windows 8 saat ini sudah mulai dilirik oleh pengguna komputer, hal itu disebabkan karena windows 8 menawarkan berbagai fitur terkini dan kemudahan dalam hal akses internet dengan cepat, akan tetapi masih banyak pengguna komputer yang masih cinta dengan windows 7 disebabkan karena sudah familiar dengan fitur-fiturnya.


Windows 8 membutuhkan  hardware yang tidak terlalu tinggi, sama dengan adiknya windows 7, dengan Pentium 4 dan ram 1 G serta HD 40 GB anda sudah bisa menikmati windows 8 di komputer anda, tetapi saya sarankan gunakanlah spesifikasi yang lebih tinggi agar anda dapat merasakan performa windows 8 dengan lebih baik dan sempurna.

Nah bagi anda semua yang ingin mempunyai dua windows sekaligus dalam satu komputer berikut cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8:

Cara membuat dual Boot Windows 7 dan 8.
  • Pertama-tama buatlah atau siapkanlah sebuah partisi yang kosong yang akan kita gunakan untuk menginstall windows 8, misalnya drive: D
  • Masukkan DVD master windows 8, anda juga bisa menggunakan flashdisk maupun HD external yang berisi boot windows 8.
  • Restart Komputer anda dan pastikan anda boot melalui DVD/ Flashdisk windows 8, anda dapat melakukannya dengan masuk bios sistem komputer anda terlebih dahulu.
  • Setelah boot ke windows 8 maka windows 8 mulai install secara otomatis dan pada menu instalasi pastikan anda memilih Custom (advenced)
  • Setelah itu pilihlah partisi dari hardisk anda yang telah anda siapkan tadi, pastikan drive yang anda pilih adalah drive yang kosong karena proses instalasi ini akan memformat partisi yang anda pilih.
  • setelah itu proses instalasi akan berlangsung, tunggu sampai selesai, dalam proses instalasi komputer anda akan restart sendiri, tunggu saja sampai selesai.
  • setelah selesai proses penginstalan anda diminta memasukkan Product key, user name dan password dan juga anda akan diminta mengaktifkan Windows 8 jika ingin menikmati segala fitur-fiturnya.

   

Cara Memilih Boot Default

Setelah proses installasi windows 8 telah selesai  maka boot otomatis atau boot defaultnya adalah windows 8, jika anda menginginkan boot defaultnya adalah windows 7 maka rubahlah defaultnya menjadi windows 7 di boot menu ketika pertama kali anda boot dengan windows 8, diboot menu windows 8 OS yang paling atas adalah boot defautnya. jadi anda harus merubahnya secara manual agar windows 7 anda sebagai boot default. tetapi jika anda ingin windows 8 sebagai boot default maka anda tidak perlu merubah boot menu tersebut.

Setelah semua langkah tersebut maka anda telah mempunyai dua windows sekaligus dalam komputer anda, yaitu windows 7 dan windows 8, ketika anda menghidupkan komputer maka pada boot option akan ada 2 windows yang dapat anda pilih dan pilihlah salah satu darinya, jika anda tidak memilih maka windows akan boot dengan boot default yang telah anda tentukan terdahulu.

Demikian tutorial dari saya tentang cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8 semoga bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung ke blog saling berbagi ini. Jangan lupa klick "Like/Suka" di Fanpage facebook di sudut bawah. Thanks...!!!

FasaPay Online Payment System Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !