VISIT ACEH 2014 JOINT US IN THE ACEH COMMUNITY

Jumat, 12 Oktober 2012

TAFSIR



1.Tafsir ayat-ayat tentang Allah
·         Juz 28 Surah ke 59 ; Al-Hasyr : 22-24
Dialah ALLAH SWT tiada Tuhan selain Dia.Dia lah pemilik segala apa yang ada di bumi dan di akhirat.
·         Juz 21 Surah ke 30 ; Ar-Rum : 20-23
Kebesaran ALLAH SWT tidak ada yang bisa menandinginya. Dia lah pencipta manusia dari segumpal darah.Dia pula yang memberikan pasang-pasangan untuk setiap makhluk yang ada di bumi agar kamu bersyukur dan merasakan nikmatNya. Dia lah pencipta alam dan segala isinya,perbedaan bahasa dan kulit. Rezeki dan maut ALLAH SWT yang mengaturnya. Di setiap ada gejala alam seperi petir dan hujan ALLAH SWT menciptakan segalanya untuk setiap umat manusia berfikir dan mensyukuri nikmatNya.

·         Juz 1 Surah ke 2 ; Al-Baqarah : 225
ALLAH SWT mengetahui apa yang ada di hati kamu niat baik atau pun buruk yang disengaja atau pun tidak sengaja karena ALLAH SWT lah yang menciptakan, jadi mana mungkin ALLAH SWT tidak tahu apa yang diperbuat olah ciptaannya sendiri dan Dia Maha Pengampun bagi segala umat yang mau bertaubat.
2.Ayat-ayat tentang manusia
·         Juz 4 Surah ke 4 ; An-Nisa` : 1
Manusia yang diciptakan oleh ALLAH SWT hendaknya bertaqwalah kepadaNya dari keturunan Adam dan Hawa yang tercipta dari tulang rusuk Adam. Dan hanya kepada ALLAH SWT lah kamu harus meminta dan bertaqwa. Dan sebagai umat yang bersaudara dari Adam dan Hawa kamu harus menjaga kekeluargaan dan silahturahmi sesama umat muslim.


·         Juz 30 Surah ke 95 ; At-Tin : 1-6
Allah menciptakan manusia dengan sangat sempurna diantara makhluk ciptaan Allah yang di bumi ini. Dari segumpal darah manusia diciptakan dan manusia yang memiliki kelebihan ALLAH SWT lah yang mengajarkan dengan cara menurunkan ayat-ayatNya dan kitab-kitabNya. Jadi kalau manusia itu tidak bersyukur dengan nikmat yang diberikan ALLAH SWT maka mereka itu sangat terlalu.
·         Juz 9 Surah ke 7 ; Al-A`raf : 175-176
Dari nabi Muhammad lah ALLAH SWT memberikan petunjuk kepada umat manusia yang melanggar perintah ALLAH SWT dan terjerumus oleh godaan setan maka mereka akan menjadi sesat. Dan manusia yang tidak pernah sadar dengan apa yang telah diperbuatnya dan lebih mementingkan duniawi sehingga mereka diperbudak oleh dunia, maka mereka akan selalu rendah derajatnya di sisi ALLAH SWT dan jika mereka bertaubat maka ALLAH SWT akan menaikkan derajatnya di dunia dan akhirat.
·         Juz 15 Surah ke 17 ; Al-Isra` : 70
Dari masa Nabi Nuh banyak kaum yang melakukan dosa dan dibinasakan dengan ditunjukannya kekuasaan ALLAH SWT agar mereka itu menjadi manusia yang berfikir atas segala dosa yang mereka perbuat selama mereka hidup dan hanya ALLAH SWT yang mengetahui segala sesuatunya.
·         Juz 18 Surah ke 23 ; Al-Mu`minun : 12-16
Manusia berasal dari tanah dan mani yang disimpan didalam rahim dan kemudian menjadi segumpal daging dan tulang belulang dibungkus oleh daging dan dibentuk menjadi manusia ciptaan ALLAH SWT yang paling sempurna dimuka bumi. Manusia diberikan kehidupan dan kematian yang sudah diatur oleh ALLAH SWT. Dan akan dibangkitkan pada hari akhir untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya selama di dunia.



·         Ali Imran : 102





3.Ayat-ayat tentang alam
·         Al-Baqarah : 29
Ada 2 manfaat Allah menciptakan bumi dan segala isinya :
1.      manfaat jasad : Diberikan kehidupan & diciptakan segalanya di dunia ini supaya bermanfaat bagi tubuh kita.
2.      manfaat ruh : Apa yang kita makan kalau yang diridhai akan membawa jasad (ruh) kedalam kebaikan, kalau kita makan yang tidak diridhai atau haram maka akan membawa jasad (ruh) ke jalan yang buruk.
·         Al-Mulk : 1-4
Arti tabaaraka,asalnya baraka-jabruku – buruukan = tetap tinggal (ditempat), tidur yang meletakkan dada ditanah (unta). Barakah = tumbuh, bertambah, berbahagia = berkat. Baaraka ‘llaahu laka = Allah memberi berkat (menambah nikmat) untuk engkau. Mubarak = yang diberi berkat. Tabaarak ‘llaahu = Maha-suci Allah (dari sifat-sifat makhluk). Dalam ayat 2ditegaskan, bahwa Allah menjadikan hidupmu dan matimu untuk menguji, siapa diantara kamu yang lebih baik amalannya. Oleh sebab itu seharusnya kita, waktu hidup di dunia ini,berlomba-lomba memperbuat amal kebaikan, karena siapa yanglebih baik dan lebih banyak amal kebaikannya, dialah yang juara no satu. Yang dimaksud dengan amal kebaikan, bukan saja ibadat, seperti shalat, bahkan termaksud berusaha mencari nafkah dengan jalan yang halal, memba ngun mesjid, madrasah, jembatan, rumah sakit dsb. Bahkan membuang duri atau batu penarung ditengah jalan termaksud amal kebaikan juga.


·         Al-A`raf : 54
Dalam ayat ini tersebut, bahwa Allah menjadikan langit dan bumi dalam enam hari lamanya. Tapi hari itu bukanlah hari kita penduduk bumi, yaitu 24 jam, melainkan melainkan sehari pada sisi Allah seumpama 1000 tahun lamanya, sebagaimana yang tersebut dalam ayat 47 surat Al-Hajj. Sehari pada hari kiamat 50ribu tahun lamanya, ayat 4 surat Al-Ma’arij. Maka enam hari itu ialah enam masa (waktu), yang amat panjang ; tiap-tiap masa itu berlainan sifatnya dari yang lain.

·         Ali Imran : 190
Tentang kejadian langit dan bumi dan pertikaian (tidak sama) malam dan siang, mejadi bukti atas kekuasaan Allah bagi orang-orang berakal, yakni orang-orang yang selalu ingat akan Allah, baik diwaktu berdiri, duduk ataupun berbaring, serta memikirkan kejadian langit dan bumi. Mereka mengaku, bahwa semua itu dijadikan Allah, bukanlah dengan percuma, melainkan mengandung rahasia-rahasia yang ajaib, sebagai bukti bahwa yang menjadikan dan mengaturnya, ialah Allah yang maha kuasa. Disinilah nyatalah bahwa agama islam telah menganjurkan, supaya kita mempelajari ilmu-ilmu yang bersangkutan dengan kejadian langit dan bumi, seperti mempelajari ilmu-ilmu itu dari buku-buku Yunani dan Farsia, sehingga bertebarlah buku-buku arab yang dikarang orang dalam ilmu-ilmu itu.
·         Ibrahim : 32-34
Sebenarnya nikmat Allah tidak terhitung banyaknya dan tak ternilai harganya. Sebab mata saja jika buta tidak dapat kita ganti dengan beribu-ribu rupiah. Begitu juga telinga anggota-anggota yang lain. Nikmat yang terbesar sekali ialah akal dan pikiran. Dengan akal kita dapat mempergunakan isi alam yang luas ini. Oleh sebab itu wajiblah kita berterima kasih kepada Allah yang menganugerahinikmat-nikmat itu, yaitu dengan menyembahNya lima kali sehari semalam (sembahyang). Jika seseorang menganugerahi kita bintang perak, meskipun harganya Rp 50,- maka kita segera mengucapkan terima kasih kepadanya dan mengankat tangan pula ketika manakala berjumpa dengan dia. Mengapakah kita tidak mau berterima kasih kepada Allah yang menganugerahi kita beberapa anggota, yang tak dapat dihargai dengan uang.
4.Ayat-ayat  tentang risalah
·         An-Nahl : 36
Allah telah memberikan petunjuk dengan menurunkan petunjuk melalui Rasul bagi tiap-tiap umat. Jauhilah menyembah berhala, dan bagi orang-orang yang di kehendaki Allah yang mendapat kesesatan dengan tidak memperdulikan perintah Allah maka dia akan menjadi sesat selamanya. Sudah banyak contoh dan petunjuk yang Allah berikan maka jadilah kamu orang-orang berfikir.

·         Al-Baqarah : 121,136,213-214
121 : Orang-orang yang membaca kitab suci sebenar-benarnya membaca, niscaya mereka percaya kepadanya serta menurut apa-apa pelajaran yang gtersebut didalamnya. Orang-orang islam sekarang banyak yang membaca Al-Quran ,tetapi mereka tidak memperhatikan isinya dan tiada pula mengambil pelajaran dari padanya. Mereka membacanyauntuk menjadi lagu dan penggirangan hati, sedang isinya yang penting-penting tiada mereka pahamkan.
136 : arti islam ialah tunduk kepada Allah serta mengikuti perintahNya dengan jasmani dan rohani. Iman ialah percaya kepada Allah, rasul-rasulNya,malaikat-malaikatNya, hari yang kemudian dan takdir. Beriman kepada Qur’an yaitu hendaklah kita akui, bahwa isi Qur’an dari awal sampai keakhirnya, semuanya benar serta kita percayai. Oleh sebab itu wajiblah orang islam mengi’tikatkan apa-apa yang bermaktub didalam Quran semunnya.
213-214 :






·         Al-Hadid : 25
Kami menurunkan besi, yang menyebabkan kekuatan yang sangat dan berguna untuk manusia, bukanlah arti ayat ini, bahwa Allah menurunkan besi dari langit, melainkan mengadakannya dalam bumi dan menganugerahkan ‘akal pikiran kepada manusia, untuk mengeluarkannya, sehingga dipergunakannya untuk kekuatan dalam medan peperangan.
·         Saba` : 28
Dalam ayat ini dengan terang, bahwa Nabi Muhammad diutus Allah, bukan saja kepada bangsa arab melainkan keseluruh bangsa diatas dunia, termaksud bangsa indonesia. Sebab itu agama islam yang di bawa Nabi Muhammad yang berdasarkan Quran dan sunnah, adalah untuk semua umat manusian, baik bangsa barat atau bangsa timur utara atu selatan.
·         Asy-Syuran : 51-52
Tidak patut Allah bercakap-cakap dengan manusia dengan langsung, melainkan dengan perantaraan wahyu atau dari belakang dinding (hijab) atau utusanNya malaikat, lalu diwahyukannya apa yang dikehendaki Allah dengan izinnya. Begitu pula pengetahuan jahat yang disampaikan kedalam hati dengan jalan yang tersembunyi, yaitu yang dinamakan bisikan syetan.
·         Al-Maidah : 48
Allah menurunkan kitab Quran kepada Nabi Muhammad yang membenarkan kitab yang sebelumnya sera mengawasinya, yakni membenarkan yang benar dalam kitab itu dan membetulkan yang tidak benar, karena usaha tangan manusia. Sebab itu Allah menyuruh Nabi Muhammad dan umatnya, supaya menghukum menurut yang diturunkan Allah dalam Quran. Allah telah mengadakan untuk tiap-tiap umat syariat yang tertentu dan jalan (cara,sistem) untuk memberi petunjuk dan mencucikan jiwa mereka.
·         Yunus : 57
Ayat ini mengatakan bahwa Allah telah menurunkan AlQuran sebagai petunjuk bagi umat manusia yang beriman kepadanya.

5.Ayat-ayat tentang akhirat
·         Al-A`la : 16-17
Allah yang akan membalas segala perbuatan manusia yang terjadi semasa hidupnya. Allah akan mengampuni segala perbuatan manusia yang kafir jika ia bertaubat dan Allah lah lagi maha mengampuni.
·          Qaf : 21-22
Segala perbuatan manusia yang baik dan buruk malaikat yang mecatatnya. Semasa hidup manusia yang lalai dengan tipu daya saat dimuka bumi dan pada akhir kau akan mendapatkan balasannya.
·         Yasin : 78-83
Tidaklah manusia memperhatikan, bahwa Allah menjadikan manusia dari air (mani laki-laki) yang kotor, kemudian ia berani membantah Allah, bila ia telah berakal, sehingga ia lupa akan kejadiannya yang mula-mula. Lalu siapakah yang dapatkan menghiupkan tulang-belulang yang telah rusak atau binasa. Muhammad berkata : Allah lah yang menjadikan dia pada mula-mula sebelum ada manusia seseorang juga diatas dunia ini. Dia yang menjadikan api dari kayu yang hijau (basah), sehingga dapat kamu menyalakan api dengan kayu yang basah itu. Kayu seperti ini ada kita lihatdinegeri kerinci (Sungai Penuh) Sumatera Tengah.
·         Al-Hadid : 20
Dalam ayat ini Allah melukiskan, bahwa dunia ini adalah rendah dan hina, diperbandingkan dengan akhirat yang mulia dan hebat. Dunia tempat bersenda gurau, bermain-main, berhias, bermegah-megah dan berlomba banyak harta dan banyak anak-anak. Sedang diakhirat ada kalanya masauk surga kesenangan dan kebahagiaan yang abadi atau masuk neraka yang abadi.
·         Al-Hijr : 39-42
Ayat ini menerangkan bahwa iblis dia akan menyesatkan umat Muhammad yang ada dunia tanpa mengenal lelah dengan cara yang halus dan tidak bisa membedakan mana yang baik dan buruk kecuali hamba Allah yang iklas. Allah berfirman : sesungguhnya umat ku yang menguasakan dirinya sendiri kecuali umat-umat ku yang sesat.

6.Ayat-ayat tentang kebaikan dan keburukan
·         Al-an`am : 160
Siapa pun yang berbuat satu kebaikan maka baginya sepuluh kali lipat pahala yang diberikan Allah sedanngkan siapa yang berbuat satu keburukan Allah tidak akan membalasnya seperti berbuat kebaikan. Allah maha tau dari segala nya.
·         An-Nisa` : 79
Perbuatan yang kamu dapatkan adalah dari Allah dan apa-apa yang kejahatan yang menimpamu, adalah dari sebab dirimu sendiri. Allah telah mengutus Muhammad kepada manusia sebagai rasul dan Al-Quran sebagai petunjuk.
·         Hud : 114
Tegakkanlah sembahyang (shalat) pagi dan petang (yaitu sembahyang subuh dan ashar) dan bagian dari pada malam (yaitu magrib dan isya). Selam ahidup di dunia tidak mungkin kita tidak pernah membuat keburukan, maka sembahyanglah kamu untuk menghapuskan keburukan. Itu sebagai peringatan kepada orang-orang yang mau ingat.
7.Ayat-ayat tentang kemasyarakatan
·         Al-Hujurat : 11-13
Ayat-ayat ini menerangkan dari hal peradaban sesama kaum Muslimin dan bagaimana pergaulan sesama mereka, yaitu jika terjadi peperangan (perkelahian) anatar dua golongan, hendaklah diperdamaikan.
·         Ar-Ra`d : 11
Dalam ayat ini teranglah, bahwa Allah tidak akan mengubah nasib satu kaum, jika mereka sendiri tidak mengubah budi pekertinya. Umpamanya kaum yang suka berpecah-belah dan bermusuh-musuhan sesamanya, tak dapa mestilah kaum itu mundur dalam segala-galanya, baik dalam pergaulan, ekonomi atau pemerintahannya. Hal keadaannya itu tidak alkan dirubah Allah, jika mereka sendiri tidak mengubah budi pekertinya lebih dahulu. Seorang pemalas umpamanya nasibnya menjai miskin dan hidup dalam kesusahan, nasibnya tidak akan dirubah Allah jika ia sendiri tidak membuang sifat pemalasnya itu sendiri.


·         Al-Anfal : 53
Ayat ini ditujukan kepada kaum / umat atau rakyat. Allah menganugerahkn nikmat kepada suatu kaum, misalnya kemakmuran dan keamanan, kesenangan dan kebahagiaan, kekuatan an kekayaan, karena kaum itu berakhlak mulia dan bersifat  dengan sifat-sifat yang utama, seperti kuat persatuannya, benar perkataannya, jujur dan amanah perbuatannya, adil tindak tanduknya, rajin berusaha dan beramal.
·         Al-Baqarah : 139
Ayat ini menerangkan bahwa apa yang kita berbuat amalan baik semuanya akan kembali untuk kita sndiri lagi, dengan hanya dengan menyembah Allah dengan tulus ikhlas.
·         Al-Ma`un : 1-7
Orang yang mengusir anak yatim dan tidak suka memberi makan orang miskin, adalah masuk golongan orang yang mendustakan hari pembalasan atau agama Allah; meskipun ia mengaku, bahwa ia orang muslim sejati, karena tiadalah faedahnya perkataan itu, jika tiada disertai amal kebaikan. Allah menyediakan neraka Wilun untuk orang sembahyang yang lengah (lalai) hatinya dari sembahyang (tiada berharap hatinya kepada Allah) serta riya, lagi enggan berzakat.
8. Ayat-ayat tentang hubungan antar agama
·         Al-Mumtanah : 7-9
Dengan jelas ayat-ayat ini menerangkan, bahwa orang-orang Islam boleh berbuat baik dan berlaku adil kepada orang-orang kafir, yang tidak memerangi mereka, lantaran agama mereka dan tidak pula mengusir mereka dari tnah airnya. Hanya yang dilarang Allah mengangkat orang-orang kafir sebagai pemimpin dari orang-orang kafir yang memerangi mereka dan mengusirnya mereka dari tanh airnya. Sebab itu nyatalah salah tuduhan orang, yang mengatakan,, bahwa islam menyuruh memerangi tiap-tiap orang kafir merampas hartanya.
·         Al-Baqarah : 62,120,213
62 : sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-ornag yahudi, nasrani dan Shabiin (semacam ahli kitab), barang siapa yang beriman akan mendapatkan pahala disisi Tuhannya, dan tidak ada keraguan bagi mereka
120 : kepada oreang-orang Yahudi dan nasrani yang tiada suka kepada mu kecuali engkau ikut agama mereka. Petunjuk Allah lah yang sebenar-benarnya petunjuk dan jika engkau sudah mengetahui petunjuk tetapi tidak engkau amalakan maka engkau akan mendapatkan siksaan yang sangat pedi dari perbuatan mu seniri.
213 : manusia itu umat ciptaan Allah lalu Allah mengutus beberapa Nabi untuk memberi kabar gembira dan kabar takut ; dan menurunkan kitab Al-Quran yang kebenarannya itu tidak diragukan lagi. Dan tidak ada perselisihan jika mereka mengetahui isi kitab setlah datang kepada mereka beberapa keterangan. Dan Allah menghendaki umat-umat yang dikendakinya.
·         Ali Imran : 61
Barang siapa membantah Allah tentang kebenaran yang telah diciptakan maka akan mendapatkan balasan. Dan jagalah keluargamu dan berdoalah agar kamu tidak dikutuk oleh Allah.
·         Al-Kafirun : 1-5
Ayat ini menerangkan tentang bertoleransi antar agama, tetapi bukan berarti kita harus menyembah apa yang mereka sembah, berteman dengan boleh dengan agama lain, tetapi tidak boleh terpengaruh. Bagiku agamaku dan bagimu agamamu.
9.Ayat-ayat tentang ibadah
·         Al-Baqarah : 21
Ayat ini menyuruh manusia menyembah Tuhan yang menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu jadi orang yang bertakwa.
·         Ar-Rum : 30
·         Luqman : 13,23-24
13 : dan tak ada bagimu pertolongan dari sekutu-sekutu yang menyembah berhala-hala kecuali Allah yang bisa menolong kamu.
23-24 : bagi orang yang mendengarkan perintah Allah yang telah memberikan rezeki dan nikmat semasa hidup didunia. Dan Allah memperlihatkan kilat kepadamu, Dia turunkan air dari langit, maka orang-orang yang berfikirlah yang akan mendapatkan petunjuknya.




10.Ayat-ayat tentang ilmu pengetahuan
·         Al-Mujadilah : 11
Diantara peradaban duduk dalam majelis (persidangan), ialah melapangkan tempat duduk untuk yang baharu datang, artinya hendaklah setengah mereka melapangkan tempat duduk untuk teman-temannya, supaya sama-sama dapat bersidang ditempat itu. Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu pengetahuan.
·         Al-Fath : 27-28
  Dalam ayat ini Allah menerangkan tentang rukun haji dalam ajaran umat Islam. Ayat ini mengajarkan bagaiman cara kita beribadah saat menunaikan ibadah haji, dengan cara mencukur rambut dan menggunting. Allah yang mengutus rsaul untuk petunjuk an agama yang benar. Dan Allah lah yang cukup menjadi saksi.
·         An-Nahl : 79
Semua yang berada di dunia ini Allah lah yang mengatur. Kekuasaan Allah tiada ada yang bisa menandingi. Itu sebagai tanda kekuasaanNya.
·         Al-Mulk : 1-5
Allah lah raja dari segala raja di dunia ini. Tiada yang bisa menandinginya. Yang menghidupkan dan mematikan setiap umat didunia ini. Yang menjadikan seluruh bumi dan isinya. Tidak ada sedikitpun kekurangan. Langit-langit , bintang-bintang  semua diciptakan dan bermanfaat. Dan buat setan ada balasan dan siksa neraka.
11.Ayat-ayat tentang makna Islam dan Al-Quran
·         Asy-Syura : 13
Berulang-ulang Allah melarang kaum muslimin berpecah-belah dan bermusuh-musuhan sesam mereka. Allah menyuruh mendirikan agama dan menjadi suatu umat dibawah bendera islam, tetapi kebanyakan kaum muslimin tidak mau mendengarkan oerintah Allah. Sebab itulah mereka ditimpa beberapa petaka dan beberapa cobaan dari Allah. Oleh sebab itu patut lah umat muslim sekarang insaf akan hal yang demikian itu, supaya menyatukan barisan mereka.
·         Ali Imran : 19,67,83
19 : sesungguhnya agama yang diakui Allah ialah agma islam. Orang yang menguasai kitab tiada berselisih. Dan barang siapa yang kafir Allah akan memberikan dia azab yang amat pedih.
67 : Ibrahim itu yahudi dan buka pula nasrani, agama sebelum islam tetapi setelah ada islam maka islam lah agama yang diakui.
83 : ayat ini tentang orang yang mengingkari agama islam. Mau tidak mau, suka rela atau dengan terpaksa mereka akan kembali kepadaNya.
·         Al-Hajj : 18
Ulama tafsir menerangkan bahwa arti sujud matahari, bulan, bintang-bintang, gunugn-gunung, pohon-pohon itu bukan seperti sujud manusia, melainkan maksudnya ialah semua itu tunduk kepada semua perintah Allah, yang ditentukan untuk semuanya itu dan tak ada satu jua pun diantaranya yang menyalahi peraturan itu. Sebab itu tak salah, kalau kita tafsirkan tasbih gunung-gunung beserta N. Daud beserta ini juga, yaitu bukan seperti tasbih manusia.
Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !