VISIT ACEH 2014 JOINT US IN THE ACEH COMMUNITY

Senin, 17 September 2012

Triks Memperbaiki Power Supply

Power supply merupakan bagian penting dari komputer. Power supply memiliki fungsi untuk menyediakan tenaga bagi seluruh peralatan komputer. Power supply ibarat lumbung pangan bagi seluruh pekerja yang ada dalam komputer. Tanpa bagian power suppy, setinggi apapun spesifikasi komputer Anda tidak akan ada artinya apa-apa. Power supply adalah nyawa dari komputer Anda, yang jika dia rusak, maka kestabilan akses komputer terganggu, bahkan Anda tidak akan bisa mengoperasikan komputer sedikit pun.

Power supply memiliki tugas penting untuk merubah catu daya dari tegangan tinggi ke tegangan rendah yang dikonsumsi oleh komputer. Seperti yang kita tahu bahwa tegangan listrik di Indonesia adalah berkisar di angka 220 V, oleh power supply dirubah menjadi 12 V dan 5 V. Selain itu power supply tidak hanya menurunkan tegangan listrik, tetapi juga merubahnya dari arus tegangan AC (Bolak balik) ke tegangan DC (Searah), karena komputer tidak mengkonsumsi tegangan bolak-balik.

Fungsi power supply ini akan terganggu jika mengalami kerusakan. Adapun persiapan cara memperbaiki power supply adalah sebagai berikut ini :
  • Persiapkanlah peralatan standar untuk memperbaiki power supply yaitu obeng, tang, dan AVO meter.
  • Bukalah casing penutup power supply menggunakan obeng.
  • Ukurlah tegangan input dari listrik stop kontak Anda apakah menunjukkan angka normal 220 V? Jika nol ada kemungkinan kabel powernya putus, ganti kabel tersebut. Atau jika angka tidak sampai 220 V berarti ada penurunan tegangan, cek stabilisator Anda atau kondisi listrik di daerah Anda.
  • Ukurlah tegangan keluar dari power supply apakah benar sekitar 12 V dan 5 V? Jika tidak cek komponen power supply pada bagian kondensator elektrolitnya.
  • Berhati-hatilah selama melakukan analisa kerusakan, karena Anda bekerja dengan peralatan listrik.
Sekali lagi berhati-hatilah saat melakukan reparasi power supply komputer. Jika Anda memang ragu, silakan ganti saja dengan power supply yang baru. Harganya pun terjangkau.


Rangkaian Power Supply 6 Volt Dan 12 Volt. Catu daya merupakan suatu rangkaian yang paling penting bagi sistem elektronika. Ada dua sumber catu daya yaitu sumber AC dan sumber DC. Sumber AC yaitu sumber tegangan bolak – balik, sedangkan sumber tegangan DC merupakan sumber tegangan searah.
Catu daya atau power supply merupakan suatu rangkaian elektronik yang mengubah arus listrik bolak-balik menjadi arus listrik searah. Hampir semua peralatan elektronik membutuhkan catudaya agar dapat berfungsi.
Beberapa radio atau tape kecil menggunakan baterai sebagai sumber tenaga namun sebagian besar menggunakan listrik PLN sebagai sumber tenaganya. Untuk itu dibutuhkan suatu rangkaian yang dapat mengubah arus listrik bolak-balik dari PLN menjadi arus listrik searah. Ada banyak jenis atau variasi rangkaian catudaya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Namun secara prinsip rangkaian catudaya terdiri atas transformator, dioda dan condensator. Transformator digunakan untuk menurunkan atau menaikkan tegangan AC sesuai kebutuhan.


klik di gambar untuk memperbesar

Daftar Komponen :
Resistor
R1         =  1K
R2         =  2K2
R3         =  10
P1         =  5K (trimpot)
Kapasitor
C1         =  1000uF/25V
C2         =  470pF
C3         =  10uF/18V
Semikonduktor
D1 – D4    =  Dioda tipe 1N 4001
D5         =  Dioda tipe 1N 4148
IC         =  723
T1         =  Transistor tipe BD 241
Trafo      =  16 Volt/800mA
F2         =  Sekering 500mA

Bila Anda memerlukan sebuah power supply yang dapat diatur tegangannya Anda dapat membuatnya sendiri seperti pada gambar di atas.
Rangkaian seperti pada gambar di atas adalah sebuah Rangkaian Power Supply yang dapat menghasilkan tegangan yang dapat diatur mulai dari 6 Volt sampai 12 Volt DC. Sebagai komponen utamanya adalah IC tipe 723 yang mempunyai keistimewaan, yaitu selain dapat dipakai sebagai catu daya juga dapat dipakai sebagai pengisi baterei/accu.

rangkaian power supply 12 volt, menurunkan tegangan dc dengan resistor, cara merakit adaptor 6 atau 12 volt, cara menurunkan tegangan arus dc, merubah arus listrik pln mnjadi 12 volt, Cara menurunkan voltase aki dari 12 ke 6 volt dc, cara menaikkan tegangan 12 volt ke 18 volt, Catu Daya 723, cara menurunkan tegangan dari 12 volt ke 5 volt dc, cara menurunkan tegangan dc 12 v menjadi 3 volt, cara untuk menurunkan daya voltase, skema catu daya 6v dan 12 volt, Skema dan nama alat power 3 volt, merakit adaptor 6 atau 12 volt, rangkaian elektronika untuk menurunkan tegangan arus DC ke DC, rangkaian catu daya 12 volt ke 6 volt, rangkaian hairdryer, rangkaian penurun daya dari 12volt menjadi 6volt, bagaimana cara merangkai sistem kelistrikan ac, rangkaian power supply 12 v 10 amp yang bagus, Rangkaian power supply 6volt, rangkaian power supply pada tv, rangkaian untuk menaikan tegangan dc 3 5 jadi 6, menurunkan tegangan 12 volt ke 6 volt dengean resistor, menurunkan tegangan 12 ke 5 volt, cara menaikan tegangan 2 volt ke 12 volt, cara menaikkan tegangan dc 5v

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !