VISIT ATJEH 2016 WELCOME TO OUR WEBSITE, JOINT US NOW

Jumat, 28 September 2012

Cara Koneksi Database Access pada Visual Basic Menggunakan Adodc



Langkah pertama kita tambahkan dulu komponen pada toolbox nya dengan mngetikkan Ctrl+T atau klik menu projeck lalu pilih Componen.,
kemudian cari dan centang komponen Microsoft Ado Data Control 6 (OLEDB) dan Data Grid Control 6 (OLEDB), seperti pada gambar dibawah :
 

Setelah kedua komponen tersebut di centang lalu tekan tombol OK, kemudian masukkan kedua komponen tersebut ke dalam form., komponen tool data grid berfungsi untuk menampilkan isi dari database yang kita inputkan.
 
Kalau komponen adodc1 dan datagrid1 sudah diletakkan pada form, langkah berikutnya adalah cara untuk mengkoneksikan database lewat adodc1.
pertama, klik kanan pada tool adodc1, lalu pilih ADODC Properties.
 
Kemudian akan muncul Properties Page, Klik tabulasi general, kemudian pada frame source of connection pilih option Use Connection String lalu klik tombol Build...
  
 
Setelah itu akan muncul form Data Link Properties pada tab Provider pilih Microsoft Jet 4 OLE DB Provider, kemudian Klik Next.
 
Pada tab Connection pilih tombol cari (....) pada Select or Enter a Database Name untuk mencari database yang sudah kita buat sebelumnya,,
  
Setelah database dimasukkan kemudian klik tombol Test Connection, jika berhasil maka akan muncul pesan Test Connection Succeeded, kemudian Klik Tombol OK.
Kemudian kembali ke form Property Pages, klik tab Record Source kemudian pada Command Type Pilih adCmdTable dan pada Table or Stored Procedure Name pilih tabel dari database yang kita buat lalu klik OK.


Sampai disini kita sudah berhasil mengkoneksikan database access dengan visual basic..,untuk membuktikan database sudah terkoneksi kita gunakan datagrid1,,cara nya :
klik datagrid1, kemudian pada datagrid1 properties, Data Source nya pilih Adodc1..,